Mazda Motor Corporation
adalah produsen otomotif Jepang yang berbasis di Fuchu, Aki District,
Prefektur Hiroshima, Jepang. Pada tahun 2007, Mazda memproduksi hampir
1,3 juta kendaraan untuk penjualan global, yang sebagian besar (hampir 1
juta) diproduksi di pabrik perusahaan Jepang, dengan sisanya berasal
dari berbagai tanaman lainnya di seluruh dunia.
Sejarah
Mazda
mulai sebagai Toyo Cork Kogyo Co, Ltd, didirikan di Jepang pada tahun
1920. Toyo Cork Kogyo berganti nama sendiri untuk Toyo Kogyo Co, Ltd
pada tahun 1927. Toyo Kogyo pindah dari peralatan mesin manufaktur untuk
kendaraan dengan pengenalan Mazda-Go pada tahun 1931. Toyo Kogyo
memproduksi senjata untuk militer Jepang selama Perang Dunia Kedua,
terutama seri 30 sampai 35 Tipe 99 senapan. Perusahaan secara resmi
mengadopsi nama Mazda pada tahun 1984, meskipun setiap mobil yang dijual
dari awal menanggung nama itu. The R360 Mazda diperkenalkan pada tahun
1960, diikuti oleh mesin Mazda pada tahun 1962.
Mazda Cosmo Sport
Dimulai
pada tahun 1960, Mazda menempatkan upaya rekayasa besar dalam
pengembangan mesin rotary Wankel sebagai cara membedakan dirinya dari
perusahaan mobil Jepang. Dimulai dengan Sport Cosmo terbatas-produksi
1967 dan berlanjut hingga hari ini dengan RX-8, Mazda telah menjadi
produsen tunggal Wankel-jenis mesin terutama dengan cara gesekan (NSU
dan Citroën keduanya menyerah pada desain selama 1970, dan Corvette
prototipe upaya oleh General Motors tidak pernah berhasil mencapai
produksi.)
Upaya
ini untuk membawa perhatian pada dirinya sendiri tampaknya membantu,
seperti Mazda dengan cepat mulai mengekspor kendaraan. Kedua model
piston-powered dan rotary bertenaga membuat jalan mereka di seluruh
dunia. Model putar dengan cepat menjadi populer untuk kombinasi kekuatan
yang baik dan ringan jika dibandingkan dengan bermesin piston pesaing
yang diperlukan V6 berat atau mesin V8 untuk menghasilkan kekuatan yang
sama. The R100 dan RX terkenal seri (RX-2, RX-3, dan RX-4) memimpin
upaya ekspor perusahaan.
Selama
tahun 1968, Mazda mulai beroperasi resmi di Kanada (MazdaCanada)
meskipun Mazda terlihat di Kanada pada awal tahun 1959. Pada tahun 1970,
Mazda secara resmi memasuki pasar Amerika (Mazda Amerika Utara Operasi)
dan sangat sukses di sana, akan sejauh untuk menciptakan Pickup Mazda
Rotary (berdasarkan pada model piston konvensional bertenaga B-Series)
semata-mata untuk pembeli Amerika Utara. Sampai hari ini, Mazda tetap
produsen mobil satunya telah menghasilkan sebuah truk pickup Wankel
bertenaga. Selain itu, juga merupakan marque hanya pernah menawarkan
bus-powered rotary (Parkway Mazda, ditawarkan hanya di Jepang) atau
station wagon (dalam RX-3 & RX-4 baris untuk pasar AS).
Keberhasilan
rotary Mazda berlanjut sampai terjadinya krisis minyak tahun 1973.
Sebagai pembeli Amerika (serta orang-orang di negara-negara lain) dengan
cepat berubah menjadi kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih
baik, yang rotary bertenaga relatif haus model mulai jatuh dari nikmat.
Sebuah Toyo sudah dililit hutang Kogyo berada di ambang kebangkrutan
dan hanya diselamatkan melalui intervensi Bank Sumitomo. Bijak,
perusahaan tidak benar-benar berbalik pada mesin piston, karena terus
menghasilkan berbagai empat- silinder model sepanjang tahun 1970-an.
Garis Familia kecil khususnya menjadi sangat penting untuk penjualan di
seluruh dunia Mazda setelah tahun 1973, seperti halnya seri Capella agak
lebih besar.
Mazda
kembali memfokuskan upaya dan membuat mesin rotary pilihan untuk
pengendara olahraga daripada powerplant utama. Dimulai dengan ringan
RX-7 pada tahun 1978 dan melanjutkan dengan modern RX-8, Mazda terus
dedikasi untuk powerplant ini unik. Switch ini dalam fokus juga
mengakibatkan perkembangan lain mobil sport ringan, piston bertenaga
Mazda Roadster (mungkin lebih dikenal dengan nama di seluruh dunia
sebagai MX-5 Miata atau), terinspirasi oleh konsep 'Jinba Itai'.
Diperkenalkan pada tahun 1989 untuk pengakuan di seluruh dunia, Roadster
telah banyak dikreditkan dengan menghidupkan kembali konsep mobil sport
kecil setelah penurunan di akhir 1970-an.
Kemitraan dengan Ford Motor Company
Dari
tahun 1979 sampai 2010, Mazda memiliki kemitraan dengan Ford Motor
Company, yang membeli saham 7% pada tahun 1979 dan pada tahun 1996,
memiliki 33,3% dari Mazda. Di bawah administrasi Alan Mulally, Ford
secara bertahap melakukan divestasi sahamnya di Mazda dari 2008 sampai
2010, dengan Ford saat ini memegang 3% saham Mazda dan memutuskan
produksi serta hubungan pembangunan.
Kesulitan
keuangan Mazda selama tahun 1960-an mengakibatkan investor perusahaan
baru, Ford Motor Company. Dimulai pada tahun 1979 dengan kepemilikan
saham 7 persen keuangan, Ford mulai kemitraan dengan Mazda yang
dihasilkan dalam proyek bersama berbagai. Selama tahun 1980, Ford
memperoleh saham keuangan lain 20 persen. Ini termasuk upaya besar dan
kecil di seluruh area lanskap otomotif - terutama di bidang truk pickup
(seperti Mazda B-Series, yang melahirkan varian Courier Ford di Amerika
Utara pada tahun 1972) dan mobil kecil. Misalnya, Mazda Familia platform
yang digunakan untuk model Ford seperti Laser dan Escort, sedangkan
arsitektur Capella menemukan jalan ke sedan Ford Telstar dan olahraga
Probe model. Pada tahun 2002 Ford mendapatkan sebuah saham 5 persen
ekstra keuangan.
Probe
ini dibangun di sebuah pabrik perakitan Mazda baru di Flat Rock,
Michigan bersama dengan sedan 626 mainstream (versi Amerika Utara dari
Capella) dan pendamping Mazda MX-6 olahraga coupe. (. Tanaman ini
sekarang usaha Ford-Mazda sendi dikenal sebagai AutoAlliance
International) Ford juga telah meminjamkan Mazda beberapa kapasitasnya
bila diperlukan: 121 Mazda yang dijual di Eropa dan Afrika Selatan,
untuk sementara waktu, varian Ford Fiesta dibangun di pabrik di Eropa
dan Afrika Selatan. Mazda juga telah membuat upaya di masa lalu untuk
menjual beberapa mobil Ford di Jepang, terutama melalui kelompok dealer
Autorama.
Mazda
juga membantu Ford mengembangkan tahun 1991 Explorer, yang dijual
sebagai Mazda 2 pintu-satunya Mazda Navajo dari tahun 1991 hingga 1994.
Ironisnya, versi Mazda tidak berhasil, sementara Ford (tersedia dari
awal sebagai pintu 4-atau 2-pintu model) langsung menjadi penjualan
terbaik sport-utility vehicle di Amerika Serikat dan terus gelar itu
untuk lebih dari satu dekade. Mazda telah menggunakan Ford pickup Ranger
sebagai dasar untuk American-pasar Utara B-Series truk, mulai tahun
1994 dan terus berlanjut sampai 2010, ketika Mazda dihentikan mengimpor
B-Series nya truk ke Amerika Utara, karena biaya yang berkaitan dengan
Pajak ayam.
Mazda Millenia
Setelah
lama dipegang pesona dengan teknologi mesin alternatif, Mazda
memperkenalkan mesin Miller siklus pertama untuk penggunaan otomotif
dalam sedan mewah Millenia dari 1995. Meskipun Millenia (dan
Miller-jenisnya V6 engine) dihentikan pada tahun 2002, perusahaan
baru-baru ini memperkenalkan jauh lebih kecil Miller-siklus
empat-silinder mesin untuk digunakan dalam itsDemio mulai tahun 2008.
Seperti kepemimpinannya dalam teknologi Wankel, Mazda tetap (sejauh ini)
hanya untuk mobil telah menggunakan mesin Miller-siklus di alam
otomotif.
Kesulitan
keuangan lebih lanjut di Mazda selama tahun 1990 (sebagian disebabkan
oleh kerugian yang terkait dengan krisis keuangan Asia tahun 1997)
menyebabkan Ford untuk meningkatkan sahamnya untuk kepentingan 33,4
persen pengendali di Mei 1996. Pada Juni 1996, Henry Wallace diangkat
Presiden, dan ia mulai restrukturisasi Mazda dan pengaturan pada arah
strategis baru. Dia meletakkan arah baru untuk merek termasuk desain
marque Mazda hadir, ia menggelar rencana produk baru untuk mencapai
sinergi dengan Ford, dan ia meluncurkan inovasi digital Mazda program
untuk mempercepat pengembangan produk baru. Pada saat yang sama, ia
mulai mengambil kendali dari distributor di luar negeri, dealer
dirasionalisasikan dan fasilitas manufaktur, dan mengemudi efisiensi
sangat dibutuhkan dan pengurangan biaya dalam operasi Mazda. Sebagian
besar karya awalnya menempatkan Mazda kembali ke profitabilitas dan
meletakkan dasar untuk kesuksesan masa depan. Wallace digantikan oleh
James Miller pada bulan November 1997, diikuti pada bulan Desember 1999
oleh Ford Mark Fields eksekutif, yang telah dikreditkan dengan
memperluas jajaran produk baru Mazda dan memimpin perubahan selama awal
2000-an. Pengaruh Ford meningkat selama tahun 1990-an memungkinkan Mazda
untuk mengklaim perbedaan lain dalam sejarah, setelah dipelihara kepala
lahir di negeri asing pertama dari sebuah perusahaan mobil Jepang,
Henry Wallace.
Di
tengah krisis keuangan dunia pada musim gugur tahun 2008, muncul
laporan bahwa Ford sedang mempertimbangkan penjualan sahamnya di Mazda
sebagai cara merampingkan basis asetnya. BusinessWeek menjelaskan
aliansi antara Ford dan Mazda telah menjadi salah satu yang sangat
sukses , dengan Mazda tabungan mungkin $ 90.000.000 per tahun dalam
biaya pengembangan dan Ford "beberapa kali" itu, dan bahwa penjualan
sahamnya di Mazda akan menjadi ukuran putus asa [8] Pada tanggal 18
November 2008., Ford mengumumkan bahwa mereka akan menjual 20% saham di
Mazda, membawa sahamnya menjadi 13,4%, dan menyerahkan kendali
perusahaan. Keesokan harinya, Mazda mengumumkan bahwa, sebagai bagian
dari kesepakatan, pihaknya membeli kembali 6,8% dari yang saham dari
Ford. Ia juga melaporkan bahwa Hisakazu Imaki akan mengundurkan diri
sebagai chief executive, akan digantikan oleh Takashi Yamanouchi Pada
tanggal 18 November 2010, Ford mengurangi sahamnya lebih lanjut untuk
3%, mengutip pengurangan kepemilikan akan memungkinkan fleksibilitas
yang lebih besar untuk. mengejar pertumbuhan di pasar negara berkembang.
Ford dan Mazda tetap mitra strategis melalui usaha patungan dan
pertukaran informasi teknologi.
Mazda
sebelumnya digunakan beberapa Marques yang berbeda di pasar (dan
kadang-kadang Australia) Jepang, termasuk Autozam, Eunos, dan Ẽfini,
yang telah sejak dihapus. Diversifikasi ini menekankan kelompok
pengembangan produk di masa lalu Mazda batas-batasnya. Alih-alih
memiliki setengah lusin variasi pada platform tertentu, pengembang
diminta untuk bekerja pada puluhan model yang berbeda dan konsumen
bingung juga dengan ledakan model baru yang serupa. Salah satu
sub-Marques paling aneh adalah M2, digunakan pada tiga varian langka
Roadster Eunos (M2-1001, M2-1002-1028 dan M2) dan salah satu Autozam
AZ-1 (M2-1015). M2 bahkan memiliki sendiri avant-garde kantor pusat
perusahaan, tetapi ditutup setelah waktu yang sangat singkat operasi.
Saat
ini, mantan Marques ada di Jepang sebagai saluran penjualan (dealer
khusus) tetapi tidak lagi memiliki kendaraan bermerek khusus. The Carol
dijual di toko Autozam (yang mengkhususkan diri dalam mobil kecil), tapi
itu dijual dengan marque Mazda, bukan sebagai Carol Autozam seperti
dulu. Pada awal 1992 Mazda berencana untuk merilis marque mewah, Amati,
tantangan Acura, Infiniti, dan Lexus di Amerika Utara, yang adalah untuk
mulai menjual pada akhir 1993. Rentang Amati awal akan termasuk 500
Amati (yang menjadi Eunos 800 di Jepang dan Australia, Mazda Millenia di
AS, dan Mazda xedos 9 di Eropa), mewah sport coupe berdasarkan Cosmo
Mazda dan 1000 Amati (a rear-wheel drive V12 penerus Mazda 929). Marque
Amati akhirnya dibatalkan sebelum mobil menghantam pasar. Di Eropa, nama
xedos juga dikaitkan dengan xedos Mazda 6, dua model yang di produksi
dari tahun 1992 sampai 1997. Garis xedos dipasarkan di bawah marque
Mazda, dan Mazda menggunakan lencana dari tahun yang sesuai.
Lingkungan Usaha
Mazda
telah melakukan penelitian di kendaraan bertenaga hidrogen selama
beberapa dekade. Mazda telah mengembangkan versi hibrida dari minivan
Premacy kompak menggunakan versi mesin rotary signature yang mampu
berjalan pada hidrogen atau bensin. Meskipun rencana untuk merilisnya
pada tahun 2008, sebagai tahun 2010 kendaraan dalam uji terbatas. Pada
tahun 2010 Toyota dan Mazda mengumumkan perjanjian pasokan untuk
teknologi hybrid yang digunakan dalam model Prius Toyota.
Mazda
adalah menemukan sejumlah kegunaan lain dari plastik untuk susu dalam
kendaraan karena bertujuan untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Mazda
berencana untuk memperkenalkan inovasi - konsol internal yang bioplastik
dan bio-kain kursi - di Mazda5 model di EcoInnovasia 2008, di Pusat
Konvensi Nasional Ratu Sirikit di Bangkok. Sampai dengan 30% dari
bagian-bagian interior dalam Mazda5 terbuat dari bio-bahan komponen.
SKYACTIV Teknologi
SKYACTIV
teknologi merupakan nama payung untuk berbagai teknologi yang digunakan
dalam beberapa kendaraan Mazda yang baru. Kendaraan ini termasuk
Mazda2/Demio, Mazda3/Axela, dan CX-5. Bersama teknologi ini meningkatkan
ekonomi bahan bakar ke tingkat yang mirip dengan drivetrain hibrida.
Output mesin meningkat dan tingkat emisi yang dikurangi juga. Teknologi
ini termasuk mesin kompresi tinggi rasio bensin (14,0 sampai 1), mesin
kompresi berkurang diesel (14,0 ke 1) dengan yang baru 2-tahap desain
turbocharger, transmisi otomatis yang sangat efisien, transmisi bobot
yang lebih ringan manual, desain body ringan dan power steering listrik.
Hal ini juga memungkinkan untuk menggabungkan teknologi ini dengan
drivetrain hibrida untuk ekonomi bahan bakar yang lebih besar.
Motorsport
Dalam
dunia balap, Mazda telah sukses besar dengan kedua Wankel-mesin mobil
penandatanganan (dalam dua-rotor, tiga rotor, dan empat-rotor bentuk)
serta piston-mesin yang model. Kendaraan Mazda dan mesin bersaing dalam
berbagai disiplin ilmu dan seri di seluruh dunia. Mazda lebih banyak
berlari setiap minggu daripada merek mobil lain [rujukan?] (Sebagian
besar dari pernyataan ini berbicara kepada keberhasilan Miata dan
pelukan secara luas oleh olahraga motor akar rumput).
Kompetisi internasional
Debut
kompetisi Mazda adalah pada tanggal 20 Oktober 1968 ketika dua Mazda
Cosmo Sport 110S coupe memasuki jam 84 Marathon de la Route ultra-lomba
ketahanan di Nurburgring, salah satu finishing di tempat keempat dan
yang lainnya melanggar poros setelah 81 jam. Tahun berikutnya, Mazda
Mazda Familia R100 berlari M10A coupe. Setelah memenangi Grand Prix
Singapura pada bulan April 1969 dan datang kelima dan keenam di Spa 24
Hours (dipukuli hanya oleh Porsche 911s), pada tanggal 19 Oktober 1969,
Mazda kembali memasuki balapan 84 jam Nürburgring dengan empat familias.
Hanya salah satu selesai, mengambil tempat kelima. Kemenangan balap
pertama oleh sebuah mobil bermesin Wankel di Amerika Serikat pada tahun
1973, ketika Pat Bedard memenangkan perlombaan IMSA RS di Lime Rock Park
di Mazda RX-2.
Pada
tahun 1976, Ray Walle, pemilik Z & W Mazda, mengendarai Cosmo
(Mazda RX-5) dari dealer di Princeton, New Jersey, untuk Daytona,
memenangkan Kelas Touring bawah 2,5 liter pada 24 Hours of Daytona, dan
melaju mobil kembali ke New Jersey. The Cosmo ditempatkan 18 secara
keseluruhan dalam bidang 72. Satu-satunya modifikasi balap bantalan rem,
knalpot, dan peralatan keselamatan. Setelah keberhasilan substansial
oleh Mazda RX-2 dan Mazda RX-3, Mazda RX-7 telah memenangkan lebih IMSA
ras di kelasnya dibandingkan model lain dari mobil, dengan kemenangan
keseratus pada tanggal 2 September 1990. Setelah itu, RX-7 ₩ kelasnya
dalam 24 Jam IMSA ras Daytona sepuluh tahun berturut-turut, mulai tahun
1982. RX-7 memenangkan IMSA Grand Touring Dalam Dua Liter (GTU)
kejuaraan setiap tahun dari 1980 sampai 1987, inklusif.
Pada
tahun 1991, empat-rotor Mazda 787B (2622 cc yang sebenarnya, dinilai
oleh rumus FIA pada 4708 cc) memenangkan 24 Jam ras auto Le Mans
langsung. Kemenangan 787B itu tetap tak tertandingi, karena tetap mobil
non-bermesin piston hanya pernah menang di Le Mans, dan Mazda masih
satu-satunya tim dari Eropa Barat di luar atau Amerika Serikat telah
menang di Le Mans - ironisnya setelah Nissan telah ditutup World
Sportscar Championship program dan Toyota telah memilih untuk mengambil
cuti panjang untuk sebagian besar tahun 1991 dalam rangka untuk
mengembangkan 3,5-liter TS010 nya. Hal ini menyebabkan larangan pada
mesin rotary dalam perlombaan Le Mans mulai pada tahun 1992, yang sejak
itu telah dibatalkan. Setelah perlombaan 1991, mesin menang adalah
publik dibongkar untuk pemeriksaan internal, yang menunjukkan bahwa
meskipun 24 jam penggunaan sangat keras itu telah mengumpulkan memakai
sangat sedikit.
The
Le Mans menang pada tahun 1991 diikuti satu dekade menang kelas dari
prototipe Mazda lainnya, termasuk 757 dan 767. The Sigma MC74 didukung
oleh mesin 12A Mazda adalah mesin pertama dan tim dari Eropa Barat atau
luar Amerika Serikat untuk menyelesaikan 24 jam seluruh perlombaan Le
Mans, pada tahun 1974. Mazda juga merupakan finisher yang paling dapat
diandalkan di Le Mans (dengan pengecualian dari Honda, yang telah
dimasukkan hanya tiga mobil dalam satu tahun), dengan 67% dari entri
finishing. Mazda akan kembali ke balap prototipe tahun 2005 dengan
pengenalan mobil C65 Courage LMP2 di balapan Le Mans Series Amerika di
Road Atlanta. Pembalap ini prototipe menggunakan Wankel Renesis dari
RX-8.
Mazda
juga menikmati sukses besar dalam kompetisi Kecepatan Dunia Land,
kompetisi SCCA, drag racing, kompetisi reli pro (Familia muncul di WRC
beberapa kali selama '80-an dan awal 90-an), Lap Satu ras America
(menang SUV & truk di Mazdapeed5), dan tempat-tempat lainnya. Mesin
Wankel telah dilarang untuk beberapa waktu dari internasional balap
Formula Satu, [rujukan?] Serta dari Amerika Serikat balap cebol, setelah
Gene Angelillo memenangkan Timur cebol Racing Association kejuaraan
pada tahun 1985 dengan mobil didukung oleh mesin 13B, dan lagi pada
tahun 1986 di mobil didukung oleh mesin 12A.
0 komentar:
Posting Komentar